Panduan Drill Top Eleven untuk Membangun Tim Sepanjang Musim

Kalian sering merasa kalau mutu tim jalan di tempat (nggak naik-naik)? Sudah melatih pemain ini dan itu tapi performa tim masih kurang ngejos? Mungkin salah satu hal yang belum kalian perhatikan selama ini adalah mengenai drill latihan Top Eleven.


Top Eleven memiliki fitur Training atau Latihan yang berguna untuk mempersiapkan pemain sebelum bertanding sekaligus meningkatkan kualitas mereka. Tentu kita perlu melatih pemain kita dengan baik untuk menyokong formasi dan juga taktik yang sudah kita persiapkan sebelum memulai pertandingan.

Ada banyak jenis latihan/drill yang tersedia. Terbagi menjadi 3 kategori yaitu drill attack, defense, serta physical & mental. Sesuai dengan jenis atribut yang para pemain miliki.

Masing-masing drill tersebut akan melatih atribut tertentu. Misal Pass, Go and Shoot! (Oper, lari, tembak/OLT) itu akan meningkatkan atribut speed, passing, shooting, dan anticipation. 

Selain itu setiap drill juga punya tingkat intensitas yang bervariasi mulai dari very easy (yang paling tidak memakan energi) sampai yang very hard (paling boros energi).

Di satu sisi kita ingin terus meningkatkan mutu tim. Tetapi di lain pihak kita juga setiap hari akan terus dihadapkan oleh pertandingan rutin. Apalagi kalau kalian masih bersaing di Cup dan Champions Leagus/Super League. Setiap hari akan ada 2 pertandingan sekaligus.

Nah untuk itu kita harus bisa mengatur bagaimana caranya agar mutu tim kita tetap berkembang dan kompetitif dengan tim lain setiap musimnya. Dan juga tidak mengesampingkan kondisi pemain sebelum bertanding.

Berikut ini adalah beberapa panduan drill latihan Top Eleven terbaik yang bisa kalian coba.

1. Drill Harian


Sebelum memulai pertandingan, kita pasti akan mendapatkan informasi mengenai tingkat persiapan/preparation level di bawah cuplikan info tim dan lawan kita. Dan kalau diklik bagian tanda seru, maka salah satunya akan ada arahan untuk melatih tim sebanyak "x" kali. Ini juga bisa dilihat dari adanya angka di kolom Training.

Untuk kalian perlu melatih tim kalian terlebih dahulu sebelum bertanding. Hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan bonus latihan yang bisa menjadi salah satu faktor penentu kemenangan. Ya ibaratnya suatu tim yang well prepared akan punya kemungkinan menang lebih tinggi dibanding tim yang tidak mempersiapkan diri dengan baik.

Tapi ingat, salah satu hal yang juga harus jadi perhatian kalian adalah kondisi pemain. Jangan sampai kondisi pemain kalian drop saat bermain hanya karena intensitas latihan yang terlalu bar-bar. Oleh karenanya untuk persiapan latihan kalian cukup melakukan seri latihan/drill berikut ini.

drill harian top eleven

2 skill drill, 2 video analysis, 2 warm up  

Lakukan seri drill diatas sampai bonus latihan maksimal (10%).

Satu seri drill diatas hanya akan menurunkan kondisi sebesar 4.5%. Jadi kalian tidak perlu khawatir pemain akan ngedrop kondisinya saat bermain.

2. Drill tiap Posisi

Drill ini dikhususkan untuk meningkatkan mutu pemain tiap-tiap posisi. Secara khusus bertujuan untuk menambah atribut penting yang dimiliki pemain pada posisi tersebut.

a. GK
Goalkeeper training, 2x 1-on-1 finishing, shooting technique, one line defense, long run

b. DL/DR
2x press the play, 2x long run, 2x defending crosses

c. DC
2x warm up, 2x press the play, one line defense, gym

d. DMC
warm up, 2x piggy in the middle, 2x use your head, gym

e. MC
pass go and shoot, 2x slalom dribble, sprint, one line defense, video analysis

f. ML/MR
sprint, slalom dribble, fast counter-attacks, pass go and shoot, long run

g. AMC
pass go and shoot, slalom dribble, skill drill, sprint

h. AML/AMR
sprint, slalom dribble, fast counter-attacks, pass go and shoot, long run

i. ST
2x shooting technique, skill drill, 2x use your head, pass go and shoot


Satu hal yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai kalian terlalu bersemangat buat melatih pemain per posisi. Selalu ingat kalau kalian akan bertanding esok hari. Pastikan kondisi pemain tetap prima saat bermain.

Karena percuma kalau pemain kita bertaburan bintang. Tapi pas main malah loyo kecapaian akibat latihan terlalu barbar. Yang ada malah keok dengan tim yang level persiapannya bagus dan kondisi pemainnya prima. 

Semoga panduan drill latihan Top Eleven terbaik di atas dapat bermanfaat buat kalian. Bisa meningkatkan peluang untuk menang pertandingan dan juga terus meningkatkan mutu tim kalian sepanjang musim.

Posting Komentar