Peran Influencer dalam Marketing Online

Zaman sekarang informasi bisa didapat dari mana saja. Dari TV, Youtube, Tiktok, Instagram dsb. Dengan berkembangnya teknologi ini, teknik pemasaran pun juga sangat terpengaruh dengan canggihnya teknologi digital.

Salah satu teknik pemasaran yang cukup efektif di masa kini adalah melalui para influencer instagram. Influencer adalah seseorang yang memiliki pengikut media sosial cukup banyak. Karena memiliki banyak pengikut itulah seorang influencer dianggap mampu memberikan pengaruh pada banyak orang dalam hal arah tren dari suatu konten yang digaungkan oleh si influencer tersebut. Oleh karenanya apabila ada suatu brand tertentu yang mampu bekerja sama dengan influencer akan mendapatkan target pasar yang potensial.

Baca Juga Penerapan Content Marketing untuk Usaha

Sebagai contoh brand makanan ingin mempromosikan produk olahan terbarunya, maka pilihan yang cukup memungkinkan dan menjanjikan adalah dengan cara mencoba menggaet influencer instagram yang doyan jajan, menjelajah mencari kulineran, seperti pada food vlogger. Para food vlogger dengan konten berbasis makanannya tentu akan bisa klop dengan target pemasaran dari brand makanan tersebut.

Alasan mengapa influencer sangat diperhitungkan untuk pemasaran adalah karena peluang engagement yang bisa didapatkan.

Engagement pada media sosial khususnya instagram adalah suatu ukuran yang menggambarkan interaksi pengguna pada konten yang dibagi. Interaksi di sini meliputi like, comment dan share.

Semakin banyak interaksi yang didapatkan pada suatu konten maka dapat dikatakan konten tersebut disukai oleh banyak orang.

Nah, lalu bagaimana caranya untuk mengukur nilai Engagement Rate dari sebuah akun instagram?

Saya merekomendasikan website ini Cek ER IG untuk mengetahuinya. Di sana akan dapat dilihat seberapa bagus nilai Engagement Rate akun instagram Anda atau mungkin influencer yang ingin digaet untuk kemudian mengatur strategi pemasarannya lebih lanjut.

Posting Komentar