Tips dan Cara Melatih Keahlian Khusus Pemain Top Eleven

Keahlian Khusus Pemain Top Eleven dan Cara Melatihnya

keahlian-khusus-top-eleven

Apa itu Keahlian Khusus Pemain Top Eleven

Keahlian khusus atau Special Ability (SA) adalah kemampuan yang spesial dari suatu pemain. Berbeda dengan posisi pemain yang menunjukkan dimana posisi bermain yang paling efektif. Keahlian khusus ini muncul secara random ketika pertandingan berlangsung. Dan keahlian khusus ini terspesialisasi berbeda-beda untuk setiap posisinya.

Daftar Keahlian Khusus Top Eleven

rekomendasi-keahlian-khusus-top-eleven

Dalam setiap posisi pemain, terdapat beberapa jenis keahlian khusus yang bisa dilatih. Setiap keahlian khusus ini akan menambah kualitas pemain secara tidak langsung dan apabila sesuai dengan posisinya akan sangat berpengaruh pada gaya permainan pemain tersebut. Berikut adalah beberapa jenis keahlian khusus Top Eleven berdasarkan posisinya.

Baca juga artikel Drill Latihan Harian Top Eleven

Kiper (GK)

Ada dua keahlian khusus yang bisa dimiliki oleh GK yaitu Penyetop tendangan penalti dan penyetop satu lawan satu. Saya merekomendasikan keahlian khusus Penyetop satu lawan satu (one-on-one stopper) karena lebih berguna ketika kiper harus menghadapi penyerang lawan terutama ketika tim kita terkena serangan balik (counter-attack).

DC

Fungsi utama pemain DC adalah penahan gempuran serangan penyerang tim lawan. Biasanya pemain DC yang berpostur tinggi (190 cm keatas) lebih disukai. Untuk menopang fisik itu, keahlian khusus pertahanan udara akan sangat cocok dipasangkan ke pemain DC. Sangat berguna ketika kita bertahan dalam kondisi set-piece / corner kick.

DL, DR

Sebagai penopang pertahanan dari sisi samping, peran DL dan DR juga sangat dibutuhkan ketika posisi set piece atau tendangan bebas. Para fullback Dl DR juga bisa dipasang keahlian khusus pertahanan udara atau dinding pertahanan. Tentunya keahlian khusus ini akan sangat cocok apabila postur pemain juga mumpuni.

MC, DMC

Pemain tengah yang fungsinya sebagai jenderal lapangan tengah tentu diharapkan bisa menjadi penghubung antara pemain bertahan dan penyerang. Diperlukan pemain yang kreatif untuk bisa memberikan umpan-umpan matang kepada pemain penyerang untuk bisa dikonversikan menjadi gol.

Untuk itu pemain tengah Mc dan DMC perlu keahlian khusus seperti playmaker yang dapat membuat pemain bisa lebih menguasai lapangan pertandingan. Pemain akan mampu mencari posisi-posisi kosong dan menyuplai umpan-umpan matang ke depan.

ML, MR

Pemain tengah sisi samping seperti ML, MR cocok untuk dipasang keahlian khusus seperti Dribbler atau spesialis tendangan pojok. Dengan kecepatan yang dimiliki serta ditopang dengan kemampuan passing pendek dan jauh (crossing) yang mumpuni, para ML dan MR akan bisa memberikan umpan silang menuju striker untuk diselesaikan menjadi gol.

AML, AMC, AMR

Penyerang sayap memiliki fungsi utama menjadi pendukung striker dalam mencetak gol atau bahkan menjadi pencetak gol itu sendiri. Sekarang ini penyerang sayap biasanya bisa jadi lebih gacor ketimbang striker. Mengingat penyerang sayap juga memiliki atribut shooting dan finishing yang membolehkan mereka mencetak gol dari jarak jauh ataupun dari tendangan bebas.

Keahlian khusus yang cocok untuk penyerang sayap adalah spesialis tendangan bebas dan penyerang bayangan. Keahlian khusus tendangan bebas yang didukung dengan atribut shooting tinggi akan meningkatkan peluang mencetak gol dari situasi tendangan bebas. Selain itu untuk AMC yang bisa berfungsi sebagai second striker sangat cocok diberikan keahlian khusus penyerang bayangan. Mereka akan bergerak di bawah posisi striker, bisa menusuk ke kotak pinalti dan mencetak gol ketika pemain bertahan lawan terfokus pada striker kita.

ST

Keahlian khusus yang cocok untuk striker adalah spesialis tendangan penalti atau spesialis tendangan bebas. Keduanya sama-sama akan sangat membantu para striker untuk mendulang pundi-pundi gol.

Cara Mendapatkan Keahlian Khusus

Pada dasarnya setiap pemain dapat memiliki 1 keahlian khusus. Keahlian khusus dapat dilatih secara manual melalui proses latihan harian, bisa juga didapatkan ketika pemain masih berada di akademi pemain, serta juga bisa didapat secara gratis dari hadiah special sponsor level 14.
 
cara-mendapatkan-keahlian-khusus-top-eleven

Melatih Keahlian Khusus


melatih-keahlian-khusus-top-eleven

Untuk melatih keahlian khusus dengan drill latihan yang harus diperhatikan adalah kondisi pemain. Untuk melatih 1 poin keahlian khusus kira-kira akan menghabiskan 18-23% stamina pemain. Caranya yang paling mudah dalam melatih keahlian khusus adalah menggunakan drill latihan intensitas sulit atau sangat sulit. Setiap sesi latihan akan menambah 1 poin dari keahlian khusus.

Kecepatan proses latihan juga sangat bergantung dari mutu pemain. Semakin tinggi mutu pemain, efektivitas latihan justru malah berkurang. Untuk itu saran saya jika ingin membentuk keahlian khusus pemain Top Eleven akan lebih efektif ketika mutu pemain masih belum terlalu tinggi. Peningkatan poin keahlian khususnya akan lebih cepat ketimbang ketika pemain sudah memiliki mutu tinggi.

Latihlah keahlian khusus sedini mungkin yaitu ketika pemain masih muda, hal ini juga dipengaruhi efektivitas latihan yang juga menurun seiring bertambahnya usia pemain. Jadi tentukan keahlian khusus yang sesuai untuk pemain tersebut dan segera eksekusi sebelum kalian mulai berfokus untuk meningkatkan mutu pemain tersebut.
 

Sumber daya yang penting diperlukan selama melatih keahlian khusus adalah booster hijau atau cendol. Dengan asumsi perhitungan latihan 1 poin keahlian khusus menghabiskan 20% stamina maka setidaknya dibutuhkan sekitar 40-50 booster hijau untuk menyelesaikan latihan keahlian khusus dengan latihan intensif.

Tentunya hal seperti ini perlu kalian siapkan di musim sebelumnya jika memang berniat untuk melatih keahlian khusus pemain Top Eleven. Baca juga artikel saya tentang Cara Mudah Mendapatkan 750++ Booster Hijau untuk mempersiapkan amunisi sebelum melatih keahlian khusus.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar