Cara Melatih Pemain Top Eleven agar Cepat Naik Bintang

Cara Melatih Pemain Top Eleven agar Cepat Naik Bintang


Setiap kali pergantian musim, tim Top Eleven akan promosi ke level liga yang lebih tinggi. Dengan syarat tim berada di posisi 8 ke atas di liga. Dan setiap kali tim kita naik level, kualitas pemain akan turun 20% atau setara dengan 1 bintang. 

Tidak ada cara lain supaya pemain Top Eleven kita tidak turun bintang jika naik ke level selanjutnya. Maka dari itu, untuk menyongsong musim baru dan level liga baru, tentunya kita minimal harus mengembalikan kualitas tim kembali seperti musim sebelumnya atau bahkan bisa meningkatkannya lebih lanjut. Lalu bagaimana caranya untuk melatih pemain supaya pemain awal musim bisa cepat naik bintang?
Berikut ini adalah beberapa caranya:

1. Teknik Latihan Rutin Harian

Menurut pengalaman, perkembangan mutu pemain di tim itu sebagian besar diperoleh dari drill latihan harian. Tampak di bawah ini adalah contoh report perkembangan salah satu pemain saya musim lalu.

Bintang pemain top eleven

Report pemain tersebut memberikan data seberapa jauh perkembangan pemain selama satu musim kebelakang. Dapat dilihat bahwa pemain saya di atas mengalami kenaikan mutu sebesar 26,3% atau kira-kira setara dengan 1 1/4 bintang. Dan yang cukup tidak terkira adalah 60% peningkatan mutunya didapat dari proses latihan harian.

Dan itu juga berlaku pada pemain lainnya. Kalau dirata-rata, 50-55% kenaikan mutu setiap pemain itu didapat dari proses latihan rutin harian. Dari data tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa latihan rutin harian sangat penting dalam proses meningkatkan bintang pemain. Apalagi kalau kita bisa memaksimalkannya.

Salah satu cara saya dalam melatih pemain secara harian adalah melatih pemain sesuai posisinya. Pilih kategori drill latihan sesuai dengan posisi dari setiap pemain tersebut. Lebih ringkasnya adalah seperti ini:

- Penyerang (ST-AMR-AML-AMC) - latih dengan drill menyerang/attack
- Tengah (MC-ML-MR-DMC) - latih dengan drill penguasaan/possession
- Bertahan (DC-DL-DR-GK) - latih dengan drill bertahan/defense

Dengan fokus latihan harian seperti di atas, maka secara konsisten bintang pemain akan cepat meningkat.

2. Player Academy

Salah satu fitur terbaru setelah update besar kemarin adalah player academy atau akademi pemain. Di sini, terdapat beberapa pilihan latihan yang bisa meningkatkan mutu pemain secara signifikan. 

akademi pemain top eleven

Terdapat beberapa pilihan pelatih yang tersedia. Setiap pelatih memiliki fokus pelatihan yang berbeda serta bonus hasil yang berbeda-beda pula. Ada yang hanya fokus meningkat atribut bertahan sebanyak 2x sampai 20x. Ada juga yang fokus pada atribut menyerang dengan variasi pengali yang berbeda. Ada juga pelatihan yang overall atau latihan yang akan meningkatkan banyak atribut sekaligus dalam satu waktu.

Semakin tinggi hasil peningkatan mutu pemainnya, semakin tinggi juga kenaikan bintang pemain tersebut, dan juga semakin lama pula waktu yang dibutuhkan untuk berlatih. 

Pelatihan yang meningkatkan mutu hingga 30%  bisa memakan waktu hingga 20 hari musim lamanya. Dan ketika kita memutuskan untuk melatih pemain kita di akademi pemain ini, maka pemain tersebut akan keluar sementara dari lineup kita. Tidak bisa kita mainkan sebagain pemain utama selama proses latihan di akademi berlangsung.

Selain itu yang perlu diperhatikan, proses latihan di akademi pemain ini membutuhkan biaya. Baik itu menggunakan booster (hijau, merah, biru) atau menggunakan token. Bagi kalian yang tidak mau repot memikirkan teknik latihan yang pas supaya pemain cepat naik bintang, akademi pemain ini adalah salah satu solusinya.

3. Latihan Militer

Cara ketiga untuk melatih pemain supaya cepat naik bintang adalah dengan metode latihan militer. Latihan militer ini sudah menjadi metode yang lumrah dalam Top Eleven terutama untuk membuat pemain "mutan". 

Pemain mutan adalah pemain yang memiliki atribut sangat tinggi pada atribut utamanya. Hal ini membuat pemain tersebut menjadi sangat OP di lapangan. 

Dengan melatih pemain secara latihan militer, atribut utama dari pemain akan dimaksimalkan. Seiring dengan meningkatnya atribut maka bintang akan juga ikut meningkat. 

Untuk melatih militer satu pemain, kalian harus menyiapkan minimal 1500an booster hijau untuk bisa mencapai mutu 180%. Yang mana apabila dikonversi mejadi bintang adalah bintang 9. 
Latihan militer membutuhkan dedikasi yang tinggi bagi seorang coach Top Eleven. Melatih pemain hingga mencapai kualitas maksimalnya tentu butuh proses yang cukup menguras tenaga dan waktu. Akan tetapi jika kalian sudah menentukan target dan punya sumber daya yang lebih dari cukup, tidak ada salahnya kalau kalian mencoba untuk melatih militer pemain top eleven kalian. Semakin tinggi atributnya semakin tinggi pula bintang pemainnya.

Dari ketiga cara di atas, mana yang menurut kalian lebih efektif untuk meningkatkan bintang pemain Top Eleven? 

Coret di kolom komentar buat kalian yang sudah mencobanya

Posting Komentar