Hobi Bermanfaat 2024, Journaling

Hobi-bermanfaat-2024-journaling

Kalian sering merasa stres karena banyak pikiran, overthinking ataupun susah fokus dalam berkegiatan? Mungkin hobi bermanfaat satu ini bisa menjadi solusinya. Hobi ini sangat sederhana dan mudah dilakukan. Apakah itu? Journaling namanya


Merasa asing dengan istilah Journaling? Journaling pada dasarnya sama seperti diary atau buku harian. Pasti beberapa dari kalian langsung ngeh. Mungkin dulu pernah ingat membuat buku harian waktu masa sekolah. Tempat menuliskan catatan harian, daftar tugas atau PR yang harus dikerjakan, atau bahkan menceritakan kisah-kasih bangku sekolah. Eciee...

Journaling ini termasuk salah satu hobi yang bermanfaat. Journaling dapat membantu kita untuk tetap kreatif (Keep Creativity) dan senantiasa mengembangkan pemikiran kita (Evolve Mindset).

Kegiatan yang kelihatannya simpel ini ternyata banyak manfaatnya. Bahkan tidak sedikit pula influencer di media sosial yang merekomendasikan journaling sebagai rutinitas. Untuk memulainya kita hanya memerlukan selembar kertas dan sebuah pulpen. Simpel kan!
 
Lalu apa saja manfaat dari journaling ini?

Manfaat-hobi-journaling

1.Mengurangi Kecemasan

Memasuki usia dewasa, permasalahan kehidupan akan semakin banyak dan juga kompleks. Lama-kelamaan pasti akan meledak dalam pikiran kalau tidak dikeluarkan. Itulah yang sering kita kenal dengan istilah overthinking (OVT).

Nah, journaling di sini menjadi sarana tempat mencurahkan isi pikiran yang ruwet bin mbulet itu ke dalam secarik kertas. Sehingga permasalahan, kecemasan yang sebelumnya hanya berkutat di dalam pikiran menjadi lebih "nyata". Setelah itu akan lebih mudah untuk merencanakan bagaimana solusi atas permasalahan-permasalahan tersebut.

Kan sayang sekali kalau otak kita harus repot-repot memproses hal-hal yang membuat overthinking ketimbang digunakan untuk berpikir lebih kritis dan logis dalam kehidupan sehari-hari.

2. Sarana Berekspresi

Selain menjadi tempat menuangkan uneg-uneg, kita bebas mengkreasikan bentuk, format, hingga media yang diinginkan. Memang ada buku pedoman khusus yang membahas teknis dasar pembuatan journaling. Tapi bagi kalian yang baru ingin memulai hobi journaling ini, saran saya alangkah baiknya kita coba kreasikan sendiri saja.

Karena esensi dari journaling adalsh ekspresi pribadi kita. Tidak perlu gegabah atau FOMO harus menyediakan buku jurnal yang fancy, peralatan tulis yang berwarna-warni berserta pernak-perniknya. Sebab yagn terpenting adalah bagaimana kita bisa bebas menuangkan isi pikiran di atas kertas jurnal itu.

3.Memahami Diri Sendiri

Manfaat ke-3 dari journaling adalah menjadi tempat refleksi diri. Seringkali kita sulit untuk mengukur sudah sejauh mana perkembangan diri kita sendiri. Entah itu dalam rangka untuk membentuk kebiasaan baru, menghilangkan kebiasaan buruk, memonitor perkembangan kesehatan, dll.

Kalau tidak ada catatan tertulis yang tampak bisa dilihat, bagaimana caranya untuk melihat progresnya? Akhirnya kita malah menjadi buta, kehilangan arah untuk menuju ke perubahan yang positif.

Memang sekarang ini, di dalam gadget sudah banyak aplikasi pencatat, daily/habit tracker yang sangat sophisticated. Tetapi dengan metode konvensional yang mengkombinasikan pikiran dan tangan untuk menyalurkan ide di atas kertas akan lebih impactful ketimbang hanya menuliskannya di layar gadget.

Bagi kalian yang punya keinginan bertransformasi menjadi pribadi yang lebih positif, hobi journaling ini mungkin bisa menjadi salah satu solusinya


Posting Komentar